Digital Marketing

April 01, 2021 Skincare For You 7 Comments


source : pinterest

Perkembangan teknologi di dunia akan terus berlanjut dan akan memberikan lebih banyak pengaruh pada berbagai sektor kehidupan. Perkembangan teknologi bagaikan pedang bermata dua yang artinya perkembangan teknologi dapat memberikan dampak positif dan negative tergantung pada individu yang menggunakanya. Jika individu tersebut memiliki skill dan pengetauhan yang memadai maka perkembangan teknologi dapat memberikan manfaat kepadanya, namu jika individu tersebut tidak bisa mengendalikan perkembangan teknlogi yang ada maka individu tersebut akan tertinggal bahkan mungkin saja peran mereka akan tergantikan dengan kecanggihan teknologi.

Salah satu sektor yang merasakan dampak dari kemajuan teknologi adalah sektor usaha atau bisnis terutama pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Banyak UMKM yang tidak dapat memanfaatkan teknlogi secara maksimal sehingga usaha tersebut tidak dapat bersaing dengan kompotitornya dan terpaksa mengambil keputusan untuk gulung tikar.

Untuk dapat mempertahankan pasar maka perlaku usaha harus menciptakan strategi pemasaran (marketing) yang baik agar dapat memaksimalkan penjualan penjualan. Digital marketing menjadi salah satu media marketing yang sering kali digunakan oleh para pelaku usaha untuk mengikuti arus perkembangan teknologi.

Menurut Chaffey, Chadwick, Mayer dan Johnston dalam buku mereka yang berjudul  Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice, Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Salah satu bentuk marketing digital dengan menggunakan media elektronik atau internet adalah internet marketing (e-marketing). E-Marketing merupakan suatu proses pemasaran yang menggunakan teknologi komunikasi elektronik, khususnya internet. Peran strategi digital marketing dapat menjadi hal yang penting dalam mengikuti perkembangan teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik konsumen dan mengarahkannya pada perpaduan antara komunikasi elektornik dan komunikasi tradisional.

Digital marketing sangat disarankan untuk diterapkan oleh para pelaku usaha pada masa saat ini dimana perkembangan teknologi semakin maju dan dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum usai di berbagai negara, banyak masyarakat yang tidak keluar rumah dan menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial. Sebagian besar masyarakat tidak lagi berbelanja secara offline namun mereka sudah beralih dengan berbelanja secara online melalui e-commerce karena dengan adanya e-commerce pelanggan tidak perlu menghabiskan cost untuk keluar rumah dan barang ataupun jasa yang pelanggan akan diantarkan ke tempat tujuan.

Hal tersebut didukung dengan adanya penelitian pada tahun 2017 yang dilakukan oleh We Are Social yang merupakan agensi digital marketing di Amerika, menurut mereka bahwa sebanyak 48% pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian barang atau jasa melalui online, 46% pengguna mengunjungi toko online, 34% pengguna melakukan transaksi online via komputer atau laptop, dan 33% pengguna lainnya melakukan transaksi online melalui perangkat mobile seperti smartphone. Hal ini memperlihatkan bahwa potensi belanja online dan penggunaan internet sebagai media untuk mempromosikan usaha cukup berkembang di Indonesia.

Media sosial atau jejaring sosial menjadi platform yang paling sering digunakan oleh

masyarakat. Jejaring sosial yang tersedia terkadang memiliki beberapa perbedaan. Beberapa media sosial hanya berfokus pada pertemanan seperti Facebook, Path, Instagram, dan Twitter, ada pula yang khusus untuk mencari dan membangun relasi seperti yang ditawarkan Linkedin.

Selain itu tersedia pula media yang lebih pribadi seperti electronic mail (e-mail) dan pesan teks. Search engine seperti Google dan Yahoo pun dapat diberdayakan. Dengan cara ini para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan media blog maupun website pribadi.

Menurut data dari We are Social, yang merupakan sebuah agensi digital marketing di Amerika, menyatakan bahwa platform media sosial yang sering digunakan di Indonesia per Januari 2017 adalah Youtube (49%) dan oleh Facebook (48%). Posisi selanjutnya ditempati oleh Instagram (39%), Twitter (38%), Whatsapp (38%), dan Google (36%). Sisanya ditempati secara berurutan oleh FB Messenger, Line, Linkedin, BBM, Pinterest, dan Wechat

Selain itu laporan "Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020" yang disusun oleh Badan Pusat Statistik (BPS).Pada laporannya BPS menyatakan penjualan online pada masa pandemik mengalami lonjakan jika dibandingkan dengan data Januari 2020. Pada bulan Maret 2020, penjualan online melonjak 320% dari total penjualan online awal tahun. Lonjakan semakin tajam terjadi, penjualan online April 2020 tercatat meningkat 480% dari Januari 2020.Terperinci, pada bulan Maret 2020 penjualan tertinggi ada pada Makanan dan Minuman, yaitu meningkat 570% dari penjualan di Januari 2020. Penjualan terendah adalah produk olahraga yang hanya meningkat 170% dari penjualan Januari. Sementara pada bulan April 2020, penjualan tertinggi masih juga dipegang Makanan dan Minuman yang melonjak tajam 1070% dari penjualan di bulan Januari 2020. Penjualan terendah juga masih produk olahraga yang sebesar 210% dari bulan Januari 2020.

Digital marketing juga memberikan berbagai manfaat kepada sebuah bisnis.

• Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu atau real time dan bisa di akses ke seluruh dunia.

• Pelanggan dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet.

• Kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya. 

• Target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan. 

• Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai.

• Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional.

• Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis.

• Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu.

• Hasil dapat diukur, misalnya jumlah pengunjung situs, jumlah konsumen yang melakukan pembelian online. 

• Kampanya bisa dipersonalisasi.

• Bisa melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Perkembangan teknologi di dunia akan terus berkembang dan akan terus mempengaruhi berbagai sector kehidupan manusia, sebagai masyarakat yang maju kita harus mengikuti arus perkembangan teknologi dan mengambil segala manfaat yang dapat diberikan teknologi kepada kita. Begitupun dengan bisnis, agar sebuah bisnis dapat terus bertahan dan berkembang maka bisnis tersebut harus cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman.Sebuah bisnis harus memiliki sumber daya manusia yang memiliki skill dan pengetahuan yang baik sehingga bisa menyusun strategi yang baik untuk terus bertahan di dunia bisnis.

Banyak strategi dan upaya yang dapat dilakukan oleh sebuah bisnis, salah satunya adalah strategi marketing. Marketing merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis karena dengan marketing yang bagus nantinya akan membantu meningkatan penjualan produk atau jasa bisnis tersebut sehingga akan menghasilkan laba yang memuaskan. Digital marketing merupakan cara yang tepat untuk di memanfaatkan pada era globalisasi saat ini karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan internet unutk banyak hal termasuk dalam hal berbelanja.


You Might Also Like

7 komentar: